MENU TUTUP

Pererat Tali Persaudaraan, Perkumpulan Marga Harahap Kecamatan Tualang Gelar Silaturahmi Akbar 

Ahad, 18 Juni 2023 | 20:30:02 WIB Dibaca : 3533 Kali
Pererat Tali Persaudaraan, Perkumpulan Marga Harahap Kecamatan Tualang Gelar Silaturahmi Akbar 

Siak, Catatanriau.com | Pentingnya menjalin rasa persatuan khususnya dalam budaya suku Batak tidak diragukan lagi. Metode orang Batak dalam mengikat tali silaturahmi dan menguatkan serta melestarikan adat budaya Batak biasanya dengan membentuk sejenis wadah dalam lingkup persatuan marga, atau lazim disebut sebagai perkumpulan marga. 

Masyarakat Batak sendiri mengenal istilah kahanggi, yakni himpunan keluarga semarga. Kali ini, di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, kurang lebih sebanyak 100 kepala keluarga (KK) keturunan marga Harahap yang ada disana menggelar silaturahmi akbar melalui sebuah wadah yang diberi nama Perkumpulan Marga Harahap (PKMH).

PKMH sendiri sudah dibentuk sejak tahun 1998 di Kecamatan Tualang, dan dilegalkan pada tahun 2015 melalui Kementerian Hukum dan hak asasi manusia (Kemenkumham) RI.

"Awal tujuan dibentuknya PKMH di Kecamatan Tualang ini adalah untuk mempererat silaturahmi antar keturunan marga Harahap, yang tadinya belum saling mengenal, dengan adanya wadah ini maka kita bisa saling mengenal, Insya Allah kedepan akan dibentuk juga di Kecamatan lain se-Kabupaten Siak ini," ungkap Anharuddin Harahap selaku salah satu pengurus PKMH tersebut, Ahad (18/06/2023).

Hal ini lanjut Anharuddin Harahap, bertujuan untuk semakin mempererat hubungan persaudaraan sesama popparan (keturunan-red) marga Harahap khususnya yang ada di Kabupaten Siak.

"Jadi, apapun yang akan kita diskusikan bisa kita diskusikan bersama secara kekeluargaan. Kami juga tak lupa meminta petuah ataupun petunjuk kepada para orang tua kita marga Harahap khususnya, bagaimana agar PKMH ini bisa berjalan dengan sebagaimana yang kita harapkan bersama," imbuhnya.

Selain itu ia juga berharap, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan bukan hanya di Kecamatan Tualang, akan tetapi diharapkan juga bisa terlaksana disetiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak.

"Jika sudah ada disetiap Kecamatan, nantinya dari situlah kita semua bisa Bersilahturahim khususnya antar sesama marga Harahap se-kabupaten Siak ini. Mudah-mudahan ini merupakan awal yang baik, kedepan menjadi pertimbangan ataupun motivasi untuk saudara kita Harahap yang ada di Kecamatan lain, agar kedepannya kita bisa membentuk PKMH se-kabupaten Siak," ujarnya.

Diakhir dikatakan Anharuddin Harahap yang juga diketahui bakal nyaleg melalui partai NasDem pada pemilu 2024 mendatang, marga Harahap khususnya yang ada di Kecamatan Tualang sudah bertekad untuk satu dalam hajatan akbar di tahun 2024 mendatang.

"Harahap di Kecamatan Tualang akan satu untuk hajatan 2024 mendatang. Dan Insya Allah PKMH secepatnya akan segera dilakukan pelantikan, dan akan kita bentuk juga di PT AIP," tukasnya.

Hadir dalam silaturahmi akbar tersebut, Ilman Saleh Harahap selaku moderator, Sarwedi Harahap selaku ketua panitia, Rusda Harahap SH MH, dan para hatobangon (Tetua-red) Marga Harahap se-Kecamatan Tualang hingga puluhan marga Harahap lainnya.***

Laporan : Idris Harahap 



Berita Terkait +

Tim CTRS-STIK Adakan Penelitian Tentang Keterlibatan Wanita Dalam Jaringan Terorisme

Dukung Pembangunan Daerah, PHR Terima Penghargaan Atas Kontribusi Pembayaran Pajak Mineral

Bupati Rohil Resmi Buka MTQ ke XVIII Tingkat Kabupaten Rohil Tahun 2023

Kapus Tambusai Himbau Masyarakat Agar Tidak Ragu Menerima Suntikan Vaksin Sinovak

Sebanyak 38 Orang di Siak Pelanggar Prokes Covid-19 Sidang Ditempat, Ini Nilai Denda Yang Dikenakan

Tak Henti-hentinya, Serka Afrisal dan Serda Laila Syahdanur Selalu Rutin Ajak Warga Binaan di Kampung Perawang Barat Giat Penanggulangan Karhutla

SMK Baiturrahman Sasaran Serda B Siregar Beserta Tim Sosialisasikan Penerapan Protokoler

Kadiskes Instruksikan Seluruh Rumah Sakit di Riau Jadi Rujukan Virus Corona

Kopwar Tinta Mas Gelar Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Wartawan

PT Arara Abadi Distrik Nilo Melakukan Kesiapan Penanganan Karlahut

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Diantar Ulama dan Ratusan Massa, Dr.Afni Mendaftar ke PKB Siak

2

Polisi Sebut, Pembunuhan Nenek di Desa Ganting Terencana

3

Siapkan Doorprize, Kapolres Inhu Ajak Masyarakat Nobar Laga Semifinal Timnas

4

Sekda Rohul Ikuti Rembuk Stunting Provinsi Riau Tahun 2024

5

HUT Ke 65 - Korem 031/ WB Tabur Buga di Makam Pahlawan

6

Asah Kemampuan Personil, Polres Kampar Gelar Latihan Menembak